Sabtu, 06 November 2010

Cara Mematikan Fitur RSS Feed WordPress

Cara Mematikan Fitur RSS Feed WordPress

Icon RSS Feed RSS Feed adalah sebuah fitur yang berguna untuk menyebarkan informasi mengenai update artikel baru di blog kita kepada para pelanggan atau pembaca setia blog kita secara cepat dan efisien. Hal tersebut tentu sangat berguna baik bagi para pemilik blog maupun pelanggannya, tapi tahukah kalian fitur ini sering disalahgunakan oleh para pencuri artikel di dunia maya ini ??

Para pencuri artikel biasanya menggunakan fasilitas RSS Feed sebuah blog untuk mencuri artikel blog tersebut dan me-republishnya di blog mereka secara otomatis, ya.. otomatis !! artinya setiap kalian mem-publish artikel baru di blog kalian, maka selang beberapa menit bahkan hitungan detik saja artikel tersebut akan di-publish juga secara otomatis di blognya para pencuri artikel yang mengikuti RSS Feedblog kalian.
Agar tidak ketahuan, biasanya para pencuri artikel ini tidak mempublish secara utuh artikel kalian, mereka menggunakan plugin untuk me-mix atau mencampuradukan sebagian content dari artikel kalian dengan artikel-artikel lainnya yang mereka curi baik itu dariblog kalian atau puluhan blog atau bahkan ratusan blog lainnya. Jadi, jika kalian menemukan sebuah halaman blog yang isinya tidak nyambung antara satu baris kalimat dengan kalimat lainnya, maka hampir bisa dipastikan blog tersebut adalah blognya milik salah satu pencuri artikel yang jumlah keberadaannya sudah cukup mengkhawatirkan di dunia maya ini.
Apa sebenarnya motif utama para pencuri artikel tersebut melakukan hal tersebut ?? tentu saja untuk mendapatkan keuntungan materi. Biasanya diblog para pencuri artikel tersebut dipasangi iklan, ya.. begitu blog mereka ramai dikunjungi, maka mereka mendapatkan pundi-pundi uang baik rupiah maupun dollar dari blog mereka, itu berarti mereka mendapatkan penghasilan dari keringat kalian karena blog kalian merupakan salah satu target sumber pencurian artikel mereka. Kalian tentu tidak rela bukan diperlakukan seperti itu ??
Berawal dari pengalaman saya sendiri yang menemukan bahwa artikel-artikel salah satu blog saya ternyata banyak di re-publish di blog-blog para pencuri artikel ini, akhirnya saya memutuskan untuk men-disable fitur RSS Feed di hampir semua blog-blog saya yang menggunakan WordPress.
WordPress tidak memiliki fitur untuk men-disable RSS Feed, tapi jangan khawatir, kalian bisa mematikan fitur RSS Feed blog kalian menggunakan sebuah script yang kalian copy-paste kan ke halaman functions.php theme WordPress yang kalian gunakan, berikut caranya:
  1. Di dashboard akun WordPress kalian, klik menu Editor (di bagian Appearance sebelah kiri).
  2. Lalu klik menu Theme Functions (functions.php) di sebelah kanan halaman theme editor.
  3. Selanjutnya kalian copy-paste kan script berikut ke dalam halaman functions.php tersebut (copy-paste kan saja di bagian paling bawah sebelum tag ?>) lalu save. // disable all feed
    function fb_disable_feed() {
    wp_die( __(‘No feed available, please visit our <a href="’. get_bloginfo(‘url’) .’">homepage</a> &raquo;’) );
    }

    add_action(‘do_feed’, ‘fb_disable_feed’, 1);
    add_action(‘do_feed_rdf’, ‘fb_disable_feed’, 1);
    add_action(‘do_feed_rss’, ‘fb_disable_feed’, 1);
    add_action(‘do_feed_rss2′, ‘fb_disable_feed’, 1);
    add_action(‘do_feed_atom’, ‘fb_disable_feed’, 1);

  4. Buka alamat RSS Feed blog kalian untuk mengecek perubahannya (contohnya: http://tentang.info/feed/), pasti yang muncul adalah pesan No feed available, please visit our homepage.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Labels